Social Icons

Sabtu, 20 Agustus 2016

Bahasa Inggris

Awal Mula Bahasa Inggris





Bahasa Inggris memiliki awal mula kenap bisa digunakan di seluruh dunia loh. Walnya bahasa Inggris lahir di pulau Britania tepat 1500 tahun yang lalu. Bahasa Inggris itu sebuah bahasa Jermanik Barat loh yang berasal dari sialek-dialek Anglo-frisia. Lalu bahasa tersebut dibawa ke pulau Britania di Eropa oleh para imigran Jermanik dari beberapa wilayah barat laut yang sekarang kalian ketahui sebagai Negara Belanda dan Jerman.
“Wah berarti Jerman dan Belanda masih satu kerabat dong dengan bahasa Inggris?” Ya benar sekali, oleh Karena itu banyak sekali persamaan kata dari bahasa Jerman dan Belanda dengan bahasa Inggris.


Memahami Cara Pengunaan Tata/Peralatan Tata Cahaya








Penggunaan Peralatan Tata Cahaya" untuk itu sebagai bahan pembelajaran saya mencoba menampilkan modul/bahan ajar agar supaya dapat dipelajari dan yang terpenting adalah sebagai bahan untuk menjawab Soal Harian yang akan saya berikan nantinya.


Secara umum, tata cahaya berfungsi untuk membentuk situasi, menyinari  gerak pelaku, dan mempertajam ekspresi demi penciptaan karakter pelaku. Dengan demikian, imajinasi publik ke situasi tertentu, yang tragis, yang sublim, yang lepas dari dunia keseharian atau spesifik iluminasi. 

Menggabungkan Foto Grafi Digital Ke Dalam Sajian Multimedia

Kami di suruh  membuat seperti langkah di bawah ini:

Langkah 1: Membuat dokumen baru

Buat dokumen baru di Photoshop. Anda bebas untuk memilih apa pun dimensi yang dikehendaki, anda memilih 2000 x 1000 piksel untuk tutorial ini. Biarkan sisa pengaturan pada nilai standar.


Langkah 2: Menambahkan gradien
Pilih Gradient Tool (shift + g) dan untuk menetapkan pengaturan warna ke # 4ba614 dan # 008c00. Pilih lingkaran seperti gaya gradien dan menciptakan gradien dari pusat gambar Anda ke atas nya.



Langkah 3: Menambahkan beberapa teks
Sekarang saatnya untuk menggunakan font . Pilih Type Tool (t) dan pilih Candice atau Terserah Anda sebagai font tapi anda pakai Candice . Mengatur ukuran font-500 piksel (atau nilai yang sesuai dengan dimensi gambar Anda) dan ketik teks pilihan Anda.
Karena anda membuat-seperti efek permen anda mengetik "Candy".


Langkah 4: Centering teks
Setelah itu pilih latar belakang dan lapisan teks bersama-sama dengan mengklik pada mereka pada palet layer sambil memegang sebuah apel) ctrl-tombol (perintah jika yang Anda gunakan. Pastikan Anda memiliki Move Tool (v) yang dipilih. Sekarang Anda dapat pusat teks lapisan Anda secara vertikal dan horizontal dengan menggunakan tombol berjajar dalam palet pilihan Anda, yang secara default ditempatkan di atas ruang kerja Anda.


 Langkah 5: Membuat pola kustom
Sekarang kita akan menciptakan pola kustom yang kita akan berlaku untuk teks kita nanti.
Membuat Dokumen Baru (ctrl + n) dan untuk menetapkan dimensi 200 x 200 piksel.


Langkah 6: Menambahkan dan berputar persegi panjang
Pilih Rectangle Tool (u) dan menciptakan sebuah persegi panjang dengan lebar 400 pixel dan tinggi 35 pixel. Merubah persegi panjang dengan menekan Ctrl + t ketika sedang dipilih dan putar 45 ° sambil menahan tombol Shift-bawah (seperti ini, persegi panjang berputar hanya dalam 15 °langkah). Pusat persegi panjang yang diputar di latar belakang seperti yang kita lakukan pada Langkah 5 dengan teks kami.


Langkah 7: Terapkan gradien
Klik kanan pada lapisan-persegi panjang dan pilih Blending Options. Pergi ke Gradient Overlay dan menetapkan gradien dengan warna # cc0000 dan # b50000. Mengatur sudut gradien untuk 135 °, gunakan linier sebagai gaya dan menerapkan gradien.



Langkah 8: Multiply persegi panjang
Salin layer persegi panjang Anda dengan menekan Ctrl + j. Pilih Move Tool (masih v) dan pastikan Anda memiliki disalin lapisan baru dipilih, tahan-key dan tekan 5 kali Shift kiri dan 5 kali atas (dengan menekan tombol shift sambil bergerak-lapisan dengan tombol panah Anda membuat langkah 10 piksel. Itu berarti kami pindah kami lapisan 50 pixel ke kiri dan 50 pixel ke atas).
Copy disalin persegi panjang (Shape 1 copy) dan ulangi proses.
Pilih persegi panjang asli lagi, salin dan tekan 5 kali kanan dan ke bawah sambil menahan tombol shift. Salin persegi panjang terbaru dan ulangi proses.
Sekarang Anda memiliki 5 persegi panjang, masing-masing dengan lebar 50 pixel dan margin 50 pixel persegi panjang berikutnya.




Langkah 9: Tentukan pola
Pergi ke Edit -> Define Pattern ... dan nama "baru pola Candy" pola. Pola ini secara otomatis akan muncul dalam pola terakhir membuat Anda digunakan.


Langkah 10: Menerapkan opsi blending untuk teks
Kembali ke gambar asli kami dan klik kanan pada lapisan-teks. Buka Blending Options dan menerapkan gaya yang ditampilkan pada gambar di bawah. Gunakan Candy Pola dibuat pola baru sebagai overlay.



Langkah 11: Hampir sampai
Pilih Ellipse Tool (shift + u) dan menciptakan elips yang mencakup sekitar sepertiga atas jenis Anda. Pastikan warnanya putih.
Rasterize lapisan Anda dengan mengklik kanan dan memilih Rasterize.


Langkah 12: Bermain dengan pilihan
Ctrl +klik pada layer-teks untuk membuat pilihan di sekitar teks Anda dan tekan
Ctrl+Shift + i untuk membalikkan pilihan Anda. Pastikan Anda elips-lapisan dipilih dan tekan Hapus. Hanya bagian dari elips yang tumpang tindih dengan teks yang tersisa.



Langkah 13: Menambahkan lapisan-mask
Sekarang membuat Layer Mask pada lapisan elips dan pilih Gradient Tool (shift + g). S Mengatur warna gradien untuk hitam (# 000000) dan putih (# ffffff) gaya dan linier. Tahan-tombol Shift untuk membuat lurus gradien sempurna dari titik tertinggi teks Anda mencapai titik terendah. Setelah gradien diterapkan ke lapisan masker Anda selesai.



Hasil akhir












Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi

Hari ini  saya  belajar Menerapkan teknik pengambilan gambar
Defini Kamera
Kamera merupakan salah satu aspek penting dalam suat pembuatan Film, Fungsi Kamera yaitu mengambil/merekam adegan-adegan yang diarahkan oleh sang Sutradara kemudian divisualisasikan oleh pemain-pemain yang melakukan adegan-adegan.
-          Kamera dioperasikan oleh kru film yang basa disebut kameramen
-          Kameramen mengoperasikan sesuai dengan arahan sutradara
Ada beberpa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan perangkat kamera. Sebelum melakukan shooting ada baiknya jika seorang juru kamera persiapan-persiapan sebagai berikut:
*      Penguasaan terhadap peraangkat kamera yang akan dignakan. Sebaiknya mengikuti aturan penggunaan yang tertulis pada manual book. Pahami kelebihan dan kekurangannya.
*      Setelah paham dengan seluk beluk kamera, pahami juga adegan apa dan teknik yang bagaimana yang diinginkan.

*      Membuat breakdown peralatan yang akan digunakan seperti baterai,mikrofon,kabel extension,dll.

Jumat, 19 Agustus 2016

Menggabungkan Audio Ke Dalam Sajian Multimedia


Menggabungkan Audio Ke Dalam Sajian Multimedia



Sebenarnya apakah suara itu? Bagaimana suara dapat didenger dan ditangkap oleh ditelinga bergetar dan geteran itu sampai ke gendang telinga kita. Benda ini bisa berupa tenggorokan manusia, senar gitar, udara di sekeliling senar gitar tersebut mengalami gangguan sehingga menghasilkan getaran yang ditangkap sebagai suatu bunyi oleh gendang telinga kita. Apabila kita berbicara atau menyanyi, tenggorokan yang bergetar menyebabkan udara yang lewat mengalami gangguan sehingga menghasilkan suara juga. Getaran benda tersebut harus cukup kuat yaitu setidaknya 20 kali per detik agar kita dapat mendengarnya sebagai suatu bunyi. Bila kurang dari jumlah itu, kita tidak akan mendengarnya sebagai suatu bunyi. Banyaknya getaran suatu benda diukur dengan satuan cycles per second atau cps. Pengukuran ini juga dikenal dengan sebutan Hertz atau Hz. Kadang-kadang benda bergetar sangat cepat yaitu sampai ribuan getaran per detik. Untuk mengukurnya digunakan satuan KiloHertz per detik atau kHz.

Bahasa Indonesia

Hari ini saya belajar Bahasa Indonesia Tentang Iklan,Pidato, Dan Unsur Puisi.
A.      Iklan
Iklan adalah informasi yang disajikan lewat media massa, bletting atau surat edaran yang bertujuan untuk memberitahukan atau mempromosikan.
Ciri-ciri Bahasa Iklan:
Ø  Kalimatnya sangat hanya menonjolkan bagian-bagian yang dipentingkan.
Ø  Uraian bersifat informatik dan persuasif
Ø  Menggunakan kata-kata yang terpilih dan menarik perhartian orang untuk mengetahui, mencoba, atau ingin memiliki.
B.      Pidato/Khotbah
Pidato adalah aktivitas mengumkapkan pikiran,ide,gagasan secara lisan dalam bentuk rangkaian kata-kata.
a.)    Kalimat kepada orang banyak dengan tujuan tertentu.
b.)    Bagian-bagian Pidato
1.)    Bagian Pembukaan :
-          Salam pembuka
-          Ungkapan sapaat
-          Puji syukur kepada than
-          Penegasan konteks pertemuan atau acara
2.)    Bagian isi uraian Pidato sesuai dengan yang telah direncanakan atau ingin disampaikan.
3.)    Penutup Pidato, berisi :
-          Kesimpulan isi Pidato
-          Harapan-harapan atau himbauan
-          Ucapan terima kasih dan permohonan maaf
-          Salam penutup
c.)     Puisi
Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang berbeda dari bentuk sastra lain prosa dan drama.
C.      Unsur Puisi
a.)    Tema adalah landasan atau dasar pijakan bagi penyair untuk mengabungkan puisi
b.)    Perasaan Atau Rasa adalah uangkapan ata ekspresi penyair kepada sesuatu yang dituangkan dalam puisinya.
c.)     Nada Atau Suasana adalah bentuk sikap atau keinginan penyair terhadap pembaca.

d.)    Pesan Atau Amanat adalah hal yang ingin disampaikan oleh penyair kepada pembaca lewat kata-kata dalam puisinya.

Kamis, 18 Agustus 2016

Mulok

Pengertian Blogger Dan Sejarah Blogger

Blogger  merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Sejara Blogger
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.[butuh rujukan] Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Pkn

Sejarah pengertian Pendidikan Kewarganegaraan


pengertian Pendidikan Kewarganegaraan


Dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa di setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan wajib memuat terdiri dari Pendidikan Bahasa, Pendidikan Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan. Pendidikan Kewarganegaraan adalah suatu pembelajaran yang membahas tentang PPBN dan pembahasan tentang hubungan antara warga negara dengan negara. Materi pokok Pendidikan Kewarganegaraan adalah tentang hubungan warga negara dengan negara, dan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN).

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan

Terdapat 2 tujuan tentang pendidikan kewarganegaraan disini, yaitu tujuan umum dari pendidikan kewarganegaraan itu sendiri dan tujuan khusus, :

 1. Tujuan Umum
  Untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antara warga negara dengan negara serta PPBN agar menjadi warga negara yang diandalkan oleh bangsa dan negara.

2. Tujuan Khusus

  • Agar mahasiswa dapat memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara santun, jujur, dan demokratis serta ikhlas sebagawai WNI terdidik dan bertanggung jawab.

  • Agar mahasiswa menguasai dan memahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta dapat mengatasinya dengan pemikiran kritis dan bertanggung jawab yang berlandaskan Pancasila, Wawasan Nusantara, dan Ketahanan Nasional

  • Agar mahasiswa memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai kejuangan, cinta tanah air, serta rela berkorban bagi nusa dan bangsa.
Sejarah PKN :

1. Dalam kurikulum tahun 1968 dan 1969
  istilah civics dan Pendidikan Kewargaan Negara digunakan secara bertukar-pakai (interchangeably). Misalnya dalam Kurikulum SD 1968 digunakan istilah Pendidikan Kewargaan Negara yang dipakai sebagai nama mata pelajaran, yang di dalamnya tercakup sejarah Indonesia, geografi Indonesia, dan civics (d iterjemahkan sebagai pengetahuan kewargaan negara). Dalam kurikulum SMP 1968 digunakan istilah Pendidikan Kewargaan Negara yang berisikan sejarah Indonesia dan Konstitusi termasuk UUD 1945.

2. Dalam tahun 1973/1974
  Pendidikan Kewiraan dimulai tahun 1973/1974, sebagai bagian dari kurikulum pendidikan nasional, dengan tujuan untuk menumbuhkan kecintaan pada tanah air dalam bentuk PPBN yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap awal yang diberikan kepada peserta didik SD sampai sekolah menengah dan pendidikan luar sekolah dalam bentuk pendidikan kepramukaan, sedangkan PPBN tahap lanjut diberikan di PT dalam bentuk pendidikan kewiraan.

3. Dalam Kurikulum tahun 1975
  istilah Pendidikan Kewargaan Negara diubah menjadi Pendidikan Moral Pancasila (PMP) yang berisikan materi Pancasila sebagaimana diuraikan dalam Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila atau P4. Perubahan ini sejalan dengan missi pendidikan yang diamanatkan oleh Tap. MPR II/MPR/1973. Mata pelajaran PMP ini merupakan mata pelajaran wajib untuk SD, SMP, SMA, SPG dan Sekolah Kejuruan

4. Kurikulum PPKn 1994
  Kurikulum ini mengorganisasikan materi pembelajarannya bukan atas dasar rumusan butir-butir nilai P4, tetapi atas dasar konsep nilai yang disaripatikan dari P4 dan sumber resmi lainnya yang ditata dengan menggunakan pendekatan spiral meluas atau spiral of concept development (Taba,1967). Pendekatan ini mengartikulasikan sila-sila Pancasila dengan jabaran nilainya untuk setiap jenjang pendidikan dan kelas serta catur wulan dalam setiap kelas.

5. Dalam tahun 2004
  Dengan diberlakukannya Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003, diberlakukan kurikulum yang dikenal dengan nama Kurikulum berbasis Kompetensi tahun 2004 dimana Pendidikan Kewarganegaraan berubah nama menjadi Kewarganegaraan.

6. Tahun 2006
  Namanya berubah kembali menjadi Pendidikan Kewarganegaraan, dimana secara substansi tidak terdapat perubahan yang berarti, hanya kewenangan pengembangan kurikulum yang diserahkan pada masing-masing satuan pendidikan, maka kurikulum tahun 2006 ini dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

  Berbagai perubahan yang dialami dalam pengimplementasian PKn sebagaimana diuraikan diatas menunjukkan telah terjadinya ketidakajekan dalam kerangka berpikir, yang sekaligus mencerminkan telah terjadinya krisis konseptual, yang berdampak pada terjadinya krisis operasional kurikuler.
  Secara Konseptual istilah Pendidikan Kewarganegaraan dapat terangkum sebagai berikut:
(a)    Kewarganegaraan (1956)
(b)   Civics (1959)
(c)    Kewarganegaraan (1962)
(d)   Pendidikan Kewarganegaraan (1968)
(e)    Pendidikan Moral Pancasila (1975)
(f)    Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (1994)
(g)   Pendidikan Kewarganegaraan (UU No. 20 Tahun 2003) 








Penjaskes

SEJARAH OLAHRAGA (History of Sport)
Sejarah olahraga dapat mengajarkan kepada kita arti mengenai perubahan masyarakat dan mengenai olahraga itu sendiri.
Olahraga sepertinya melibatkan kemampuan dasar manusia yang dikembangkan dan dilatih untuk kepentingannya sendiri, yang sejalan dengan dilatih demi kegunaannya. Ini menunjukkan bahwa olahraga itu mungkin sama tuanya dengan keberadaan manusia itu sendiri, yang memiliki tujuan, dan adalah cara yang berguna untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menaklukkan alam dan lingkungan.

SEJARAH OLAHRAGA BANGSA YUNANI PURBA
Keadaan alam memiliki andil yang tidak kecil dalam pembentukan peradaban Yunani. Keadaan geografis ini juga mempermudah adanya desentralisasi politik. Gunung-gunung dan teluk-teluk di Yunani yang tak terhitung banyaknya menghalangi komunikasi melalui darat. Lembah-lembah dan dataran-dataran rendah yang terpisah-pisah merupakan unit-unit geografis dan ekonomi yang bersifat alami. Juga merupakan pemisah kesatuan unit politik yang disebut polis atau negara kota, yang wilayahnya meliputi kota itu sendiri dan daerah-daerah sekitarnya.
Yunani walaupun negeri kecil, memiliki banyak polis. Dua polis yang terkenal dan paling menonjol dalam hal kegiatan jasmani adalah Sparta dan Athena. Kedua polis itu juga dipergunakan untuk memberi ilustrasi adanya dua kutub pencapaian yang berbeda dalam sistem pemerintahan di Yunani. Sparta memiliki sistem pemerintahan oligarkhi militer yang keras dan terisolasi, sedang Athena merupakan pusat percobaan besar di bidang demokrasi.

Bangsa Yunani menganut kepercayaan terhadap dewa-dewa (polytheisme). Dengan membaca karya Homerus (seorang penyair buta dari Asia Minor) memudahkan pemahaman tentang adanya hubungan yang erat sekali antara dewa-dewa dan manusia sebagaimana kepercayaan orang Yunani yang telah mengakar itu. Keluarga besar dewa-dewa Yunani tinggal di gunung salju Olympus (bagian utara Yunani) yang diperintah oleh Zeus dan istrinya, Hera.

Matematika

Hari ini saya belajar Matematika Tentang Desil

Desil
Desil membagi data yang berururtan menjadi 10 bagian yang sama besar.
Ada 9 Desil yaitu:
D1,D2,D3..........D9.
1. Desil untuk data tunggal
Nilai D1, D2, D3, dan seterusnya ditentukan oleh letaknya , dengan rumus




Contoh
Diketahui data : 9,10,11,6,8,7,7,5,4,5. Tentukan desil ke-1 dan desil ke-4
Penyelesaian
Data diurutkan : 4,5,5,6,7,7,8,9,10,11
§  Letak desil ke-1 diurutkan data ke-1 : 1/10(10+1)=11/10=1,1
D1 terletak pada urutan ke-1,1 sehingga: D1= x1 + 0,1 (x2 –x1 )
Jadi D1 = 4 + 0,1 (5 – 4) = 4 + 0,1 = 4,1
§  Letak desil ke-4 diurutkan data ke-4 : 4/10(10+1)=44/10=4,4
D4 terletak pada urutan ke-4,4 sehingga : D4 = x4 + 0,4 (x5 –x4 )
Jadi D4 = 6 + 0,4 ( 7 – 6 ) = 6 + 0,4 = 6,4
2. Desil untuk data Berkelompok
Rumus Desil




 contohnya :
1. Tabel di bawah ini adalah ulangan Bahasa Inggris


Desil ke-3 dari nilai ulangan Bahasa Inggris adalah…
Jawab :
D3 = 3/10.50 = 15
Data ke-15 ada disekitar 25-29. Maka , tb = 25 -0,5 = 24,5
F = 2 + 6 = 8
f = 9
i = 20 -15 = 5











Rabu, 17 Agustus 2016

KKPI

Sejarah KKPI

Sejarah komputer atau kkpi bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.


Kemudian ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputerdan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri. Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik di tahun 1969. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Di tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Dan di tahun 1970 itu juga setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
 
Blogger Templates